Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengorganisir Mainan Lego Harry Potter di Rumah

Apakah Anda sering merasa kesal karena mainan lego harry potter yang ada di rumah selalu berantakan? Tentu saja hal tersebut tentu akan menambah waktu dan tenaga saat ingin membereskannya. Oleh karena itu, sangat penting melakukan organisir mainan tersebut di rumah.

Bagaimana Cara Mengorganisir Mainan Lego Harry Potter?

Saat memiliki mainan di rumah, termasuk lego maka sangat penting untuk melakukan organisir. Pasalnya, mainan lego termasuk salah satu mainan yang berukuran kecil. Tentu saja, akan sangat berbahaya jika tidak segera mengorganisirnya karena dapat terinjak kaki saat berjalan. Di bawah ini caranya:

1.   Pilih Ruangan Khusus

Saat ingin melakukan organisir mainan, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memilih ruangan khusus. Seperti yang sudah diketahui, mainan lego adalah salah satu jenis mainan yang sangat mudah tersebar ke berbagai ruangan.

Lego Harry Potter

Jika Anda tidak menyediakan ruangan khusus, tentu akan jauh lebih sulit dalam melakukan organisir mainan tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih dan menyiapkan ruangan khususnya. Kemudian, gunakan ruangan tersebut untuk menyimpan mainan.

2.   Organisir dalam Wadah

Anda tentu pernah melihat si kecil tiba-tiba menangis karena mainannya yang hilang. Mainan yang hilang tersebut tentu bukan tanpa sebab. Salah satu penyebabnya adalah proses organisir yang tidak dilakukan sama sekali. Tentu saja, jika si kecil menangis terus-menerus akan sangat menggangu aktivitas.

Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan organisir setiap mainan ke dalam wadah khusus. Nantinya, wadah khusus yang sudah diorganisir tersebutlah yang akan ditempatkan pada ruang yang sudah disiapkan sebelumnya. Tentu saja mainan lego akan tersimpan dengan lebih rapi.

3.   Susun dengan Baik

Jika lego yang dimainkan anak sudah disusun dengan baik, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk meletakkannya sebagai hiasan di kamar atau tempat yang lainnya. Mainan dalam bentuk bongkar pasang yang satu ini sendiri memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Anda tentu sangat mudah untuk menyusunnya pada tempat-tempat yang diperlukan. Seperti di kamar anak agar mereka dapat lebih mudah menemukan mainan tersebut. Akan tetapi, tetap pastikan bahwa mainan tersebut dalam keadaan yang sudah disusun alias utuh.

4.   Bereskan Mainan Bersama

Langkah yang dapat diterapkan lainnya adalah dengan mengikutsertakan anak dalam membereskan mainan. Dengan begitu, usahakan untuk menghindari menyuruh si kecil atau memaksanya untuk melakukannya sendiri. Tentu saja hal ini hanya akan menyebabkan si kecil enggan membereskannya.

Berbeda jika ada usaha dari Anda yang mencontohkan langsung aktivitas membereskan mainan lego tersebut. Dengan begitu, mereka juga akan merasa tidak terbebani karena harus melakukannya sendirian. Si kecil pun akan lebih rajin dalam membereskan lego.

5.   Beri Pujian

Jika anak Anda sudah berhasil dan selesai membereskan lego, maka jangan ragu untuk memberikan pujian atau reward pada si kecil. Hal ini dilakukan agar mereka lebih bersemangat lagi dalam merapikan dan mengorganisir mainan yang sudah digunakan sebelumnya.

Anda bahkan tidak perlu menyiapkan reward dengan uang yang banyak ataupun barang yang mahal. Cukup siapkan stiker bintang sebagai reward ketika mereka berhasil menyelesaikan setiap aktivitas membersihkan mainannya sendiri.

Itulah cara yang dapat Anda terapkan bersama si kecil saat ingin mengorganisir mainan lego herry potter. Mainan ini sendiri bisa didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan si kecil permainan edukatif. Kemudian, terapkan juga tips mengorganisirnya di atas.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengorganisir Mainan Lego Harry Potter di Rumah"